PRA SAKSI 2022

 

Assalamualaikum, semuanya hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya untuk PRA SAKSI 2022. 

Semoga Bermanfaat

PRA SAKSI adalah sebuah kegiatan untuk mendisiplini siswa/I untuk menjadi pemimpin yang baik. Acara ini bersifat wajib untuk semua siswa/I SMP Labschool Jakarta. PRA SAKSI ini memiliki banyak makna bagi saya banyak hal positif dan negatif dari acara ini, tetapi yang harus diambil adalah hal positif. Dalam acara ini kami dibimbing oleh para kakak-kakak OSIS. Setiap awal kalimat kami harus berkata “Siap” selama Acara untuk bertanya atau berkata kepada guru dan KP.

Pada hari Jumat, 11 Maret 2022 saya bangun pada pukul 4:00 untuk menjalani tugas. Saya mendokumentasi kan diri saya untuk membereskan tempat tidur untuk memenuhi tugas dokumentasi Ibadah. Setelah itu saya mandi, ganti baju, danmenyiapkan sarapan pagi. Menu pagi itu adalah nasi putih, 2 tempe, dan bayam. Jam sudah menunjukan pukul 6:25 saya pun memasuki zoom untuk melakukan olahraga pagi dan sarapan. Kemudian kami disuruh untuk mengganti baju dengan waktu yang sangat singkat. Pada pukul 7:00 kami diarahkan untuk memasuki zoom PRA SAKSI untuk menjalani acara.

Pada materi pertama kami dipandu oleh LAKSMA TNI TEGUH PRASETYA, ST., MM., CHRMP. Beliau menyampaikan Materi tentang “Pendidikan Bela Negara untuk Meningkatkan Patriotisme bagi Pelajar”. Menurut saya materi ini sangat membuka mata saya seberapa pentingnya rasa patriotisme. . Kemudian waktu istirahat tiba setiap kelompok menampilkan yel-yel masing-masing. Pada materi kedua kami dipandu oleh bapak Asep Kambali (Founder Historia Indonesia). Beliau menyampaikan materi tentang “Mencintai Sejarah Sebagai Bentuk Kontribusi Remaja Pada Bangsa”. Materi ini menyampaikan banyak hal tentang sejarah bangsa kami, perjuangan kemerdekaan, arti Indonesia, penjajahan ,dan masih banyak lagi. Acara pun selesai pada pukul 12:00.

Keesokan harinya adalah hari kedua dan hari terakhir untuk PRA SAKSI. Rutinitas saya pun masih sama seperti kemarin yang hanya berbeda adalah menu sarapan, yaitu Nasi, Ayam, 2 Tahu, Kangkung, Pisang, dan segelas air. Saya pun memasuki Zoom kelompok untuk menyanyikan lagu-lagu PRA SAKSI yang diberi oleh kakak KP pada hari sebelumnya. Kemudian kami sarapan dan ganti baju dengan waktu yang sangat singkat. Kami pun diarahkan memasuki zoom PRASAKSI seperti biasa.

Pada Materi keempat kami dipandu oleh Dr. Ahmad Ridwan, M.SI. (Wakil bidang Akademik BPS Labschool UNJ. Beliau menyampaikan materi “ Tantangan dan Persiapan Remaja Masa Kini Untuk Menjadi Pemimpin Masa Depan”. Menurut saya ini sangat berguna untuk kedepannya karena setiap orang harus belajar cara menjadi pemimpin. Kemudian waktu istirahat tiba setiap kelompok menampilkan yel-yel masing-masing seperti biasa. Kemudian Materi keempat atau terakhir dipandu oleh BRIGJEN (POL) DR.VICTOR PUDJIADI SPB, FICS, DFM. Beliau menyampaikan materi tentang “Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Sejak dini”. Materi ini menurut saya memiliki cara penyampaian yang paling unik. Materi ini juga terdapat banyak hiburan seperti sulap, menyanyi, dll. Acara pun ditutup pada pukul 12:00 degan penghargaan dan sertifikat.

Segitu saja dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan.

Wassalam, Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

Hari Pertama PTM

Aman Bermedia Digital

Algoritma dan Pemograman